WhatsApp Image 2018-04-16 at 14.55.18

SDIT MTA Gemolong menggelar apel dalam rangka hari Baden Powell 22 Februari 2023

Dalam setiap peringatan Hari Baden Powell, kita selalu mengucapkan janji sebagai Pramuka yaitu Dwi Satya bagi adik-adik Pramuka Siaga, juga Tri Satya bagi Pramuka golongan lainnya.Baik di dalam Dwi Satya maupun Tri Satya tersurat secara jelas bahwa demi kehormatan masing- masing, seorang Pramuka berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta siap menolong sesama hidup.

Dwi Satya dan Tri Satya merupakan cerminan sikap perilaku seorang Pramuka sejati, sebagaimana digagas oleh Baden-Powell pada tahun 1907. Gagasan tersebut kemudian melahirkan gerakan kepanduan atau kepramukaan sedunia. Sebagai Pramuka, kita harus berusaha untuk bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan ajaran agama yang dianut oleh masing-masing.

Menjalankan kewajiban itu juga harus diwujudkan dalam perilaku hidup sehari-hari, antara lain selalu bersikap sopan, ramah, menjalin persahabatan dan persaudaraan, siap membantu mereka yang membutuhkan pertolongan, dan menghindari perilaku-perilaku negatif.

 

Berhubungan dengan kewajiban tersebut, peserta didik SDIT MTA Gemolong juga mengadakan kegiatan Bakti Sosial. Dimana dalam kegiatan tersebut peserta didik dihimbau untuk membawa uang dua ribu rupiah yang kemudian dikumpulkan dan di sumbangkan. Selain sebagai salah satu cara melaksanakan kewajiban sebagai seorang pramuka, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara sekolah untuk melatih peserta didik dalam hal peduli dan membantu sesama.